Kamis, 19 Mei 2011

Sebenernya, ada banyak hal baru yang bisa kita pelajari bahkan di sepanjang jalan yang kita lewati setiap hari.



Pernah ga kamu merasa bosan dengan rutinitas harian yang itu itu aja? Setiap hari sama. Mulai dari pagi. Kita bangun dari tempat tidur yang sama. Pas makan, kita mengunyah dengan gigi gigi yang sama. Nelennya pun pake tenggorokan  yang sama.. (analoginya lebay ih..)

Trus kita berangkat kerja, nglewati jalan yang sama. Nyampe di tempat kerja ketemu dengan bos yang sama (emang ada bos yang ganti tiap hari???) Kerjaan yang dihadapi juga sama. Pas jam pulang, kita nglewati jalan yang sama lagi. Nyampe rumah, kita masuk lewat pintu yang sama juga. Ketemu dengan lemari baju yang sama, nginjek lantai yang sama, 

Dudududu… hal hal yang kita lakukan tiap hari adalah rutinitas yang sama..

Bosan?? Mungkin juga. Tapi kalau sudah kritis, sampe ke ubun ubun, coba deh let’s  restart our minds…
Kayak judul di atas, Sebenernya, ada banyak hal baru yang bisa kita pelajari bahkan di sepanjang jalan yang kita lewati setiap hari. 

Maksudku gini, bisa jadi kita memang ngelewati jalan yang sama setiap hari. Tapi pernah ga kita mencoba untuk lebih memperhatikan detail. Mencari hal hal kecil yang bisa kita pelajari, sehingga jalan yang sama yang kita lewati setiap hari akan tersa ‘tidak sama’ lagi.

Misalnya, kita ngeliat ada kecelakaan yang berdarah darah di jalan itu… (kira golongan darahnya apa ya??? Tersedia ga ya di PMI??)

Besoknya lagi, di jalan yang sama kita ngeliat ada lubang galian telpon yang dibiarkan melongo begitu aja tanpa papan peringatan… (wah, kalo ada yang terperosok piye jal??? Diganti untung ga tu sama TELKOM?? )
Besoknya lagi, mungkin di jalan yang sama terjadi banjir local, hanya gara gara ada warga pinggir jalan yang lupa matiin kran air.. (kita jadi inget nasib sungai sungai kita yang tercemar…).

Atau mungkin kita liat ada receh lima ratusan yang jatuh dan dicuekin.. (hoho, sekarang uang lima ratusan ga ‘menarik’ lagi.. inflasi oh inflasi…).

Atau lampu lantas yang mati warna hijaunya, jadi meraaaahhhh terus (kapan jalannya coba??? Btw, berapa sih harga satu paket lampu lantas???).

Atau bendera parpol yang ganti tiap seminggu sekali.. (saking banyaknya jumlah parpol, jadi waktu shift pemasangan juga makin sering… Coba tebak, berapa jumlah parpol peserta pemilu 2014 nanti…).

Atau kendaraan kita yang tiba tiba macet trus mesti kita dorong sampe bengkel terdekat.. (pengalaman pertama jadi perhatian public, minimal lirikan iba  dari pengguna jalan lain.. amit amit deh..).

Tu kan.. ternyata banyak detail baru yang exiting untuk kita amati dan pelajari di sepanjang jalan yang kita lewati tiap hari. Kalau selama ini kita bosan sama jalanan itu, mungkin karena kita Cuma melihat jalan sebagai kumpulan aspal berwarna abu abu.. (coz sampe sekarang belum ada ahli yang punya rencana bikin aspal warna pink kannn???)..

Itu baru di jalanan… Di rumah kita? Di tempat kerja? Atau waktu kita makan siang? Pasti ada lebih banyak hal baru yang bisa mencerdaskan kita.

Jadi, diantara dua pilihan : 1. menjadi pribadi yang ‘bosan’ atau 2. menjadi pribadi yang ‘cerdas’, kira kira kita mau milih yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar